Laman

Kamis, 05 Januari 2017

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar memerlukan disiplin yang tinggi agar masalah sembelit atau dalam dunia kedokteran disebut Konstipasi dapat teratasi. Susah buang air besar merupakan keadaan dimana seseorang kesulitan melakukan buang hajat (buang air besar). Orang yang mengalami hal ini biasanya Buang Air Besar (BAB) tidak teratur atau sama sekali tidak dapat melakukan buang air besar.

Penyakit susah buang air besar berpotensi terjadi pada semua orang, baik itu bayi, anak-anak maupun orang dewasa tapi tingkat kejadian yang didapati di klinik atau rumah sakit, wanita sangat sering mengalami konstipasi/ sembelit dibandingkan dengan pria. Kejadian ini paling sering terjadi pada wanita yang sedang hamil. Kurangnya minum air, makan makanan yang berserat dan efek samping dari obat tertentu tercatat sebagai penyebab keadaan ini.

Tips Melancarkan Sembelit

Jika anda mencari informasi cara/ tips untuk masalah kesehatan susah BAB, saya sangat yakin pasti anda akan mendapatkan banyak info, baik itu cara instan maupun dengan cara alami. Semua tergantung anda, ingin mengatasinya dengan cara alami atau kimia.

Untuk tips yang dibagikan kali ini merupakan cara alami untuk mengatasi masalah Susah Buang Air Besar:

1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun atau dalam bahasa bulenya Olive Oil adalah minyak yang paling banyak digunakan untuk perawatan kecantikan, tapi untuk kali ini anda sebaiknya hati-hati karena Minyak Zaitun yang dimaksud disini bukan yang diperuntukkan kecantikan tapi melainkan minyak zaitun yang digunakan untuk masakan. Berikut ini cara mengolahnya untuk mengatasi masalah Susah BAB:
  1. Ambil minyak zaitun dengan ukuran 1 sendok makan,
  2. Dan siapkan juga jus jeruk nipis hangat atau dingin
  3. Tuangkan jus jeruk nipis tersebut pada sendok teh dan tambahkan minyak zaitun seukuran satu sendok makan.
  4. Minum secara bersamaan dan lakukan secara teratur hingga sembuh.
Aturan minum: Lebih baik dikonsumsi pada pagi hari sebelum makan pagi karena minyak zaitun sangat efektif disaat perut masih dalam keadaan kosong. tapi jika anda lupa minum karena sudah terlanjur makan maka sebaiknya ramuan ini dikonsumsi setelah makan.

2. Perbanyak Makan Serat & Buah
Makan buah dan serat sangat membantu pencernaan untuk mencerna semua makanan dengan baik. Penyebab utama terjadinya sembelit/ konstipasi adalah kurang makan serat dan buah.

3. Jus Lemon
Pencernaan akan terstimulasi dengan baik jika mengkonsumsi Jus Lemon, karena saat jus ini diminum maka efek detoksnya akan bekerja dan pencernaan akan mencerna semua makanan dengan baik sehingga tidak ada lagi masalah susah BAB.

Berikut ini cara penyediaannya :
  1. Ambil satu buah lemon dan peras dengan baik,
  2. Hasil perasan dituangkan ke dalam air hangat
  3. Perasan buah lemon dan air yang sudah ada dicampur menjadi satu.
Aduk hingga merata sempurna, dan minum hingga betul-betul habis.

4. Perbanyak konsumsi Air Putih
Dengan melakukan secara disiplin, minum air putih secara rutin sesuai kebutuhan tubuh dapat mencegah dari masalah konstipasi. Selain itu minum air putih dapat menguras toksin yang ada ditubuh dan disekresikan saat buang air kecil atau berkeringat.

5. Buang Air Besar Secara Rutin.
Dengan melakukan BAB secara teratur setiap hari (sebaiknya dipagi hari) akan membuat tubuh memiliki kebiasaan yang baik. Hal tidak mudah tapi jika dilakukan setiap hari pasti akan terbiasa.

6. Rajin Olah Raga
Mungkin anda tidak akan percaya jika olah raga dapat membuat pencernaan menjadi sehat. Hal ini sangat bisa terjadi karena saat berolah raga maka semua anggota tubuh bergerak dan termasuk usus besar yang ada dalam tubuh, hal ini akan mempengaruhi pergerakan peristaltik usus menjadi lebih sehat.

7. Kopi
Untuk yang satu ini perlu pemahanam agar anda tidak salah kaprah. Kopi dengan kandungan kafeinnya dapat memberikan efek positif buat tubuh. Karena ternyata kafein yang ada pada kopi minumbulkan efek stimulasi yang dapat meningkatkan energi baik untuk tubuh, suasana hati yang baik serta melancarkan BAB pada orang yang sembelit.

dari semua yang dipaparkan diatas, hal yang sangat penting diperhatikan adalah :
  1. Perbanyak minum air setiap harinya, penuhi kebutuhan air putih untuk tubuh setiap hari.
  2. Lakukan olahraga secara tertib (rutin) setiap hari.
  3. Makan makanan yang berserat setiap hari dengan cara bertahap.
Perlu diperhatikan bahwa masalah sembelit yang disepelekan akan membuat efek komplikasi penyakit. Selain itu akan menyebabkan hemoroid (wasir/ ambeien). Fases/ Tinja akan menumpuk di usus besar yang berakibat semakin susah dikeluarkan saat Buang Air Besar (BAB).

Lakukan tindakan pencegahan, jika diperlukan konsumsi FIFORLIF produk rekomendasi Boyke Dian Nugraha untuk membantu masalah sembelit. Info Fiforlif lebih lengkap klik link berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar